KEGIATAN PERKEMAHAN ADVENTURER DAN PATHFINDER KLUB DISTRIK BANDAR LAMPUNG BARAT



Bandar Lampung, DSKS - Satu kegiatan penting kembali dilaksanakan oleh Distrik Bandar Lampung Barat. Bertempat di Taman Wisata Wira Garden, telah diadakan acara Perkemahan Adventurer dan Pathfinder pada tanggal 26 – 28 Okteber 2012. Mengusung Tema “Berani Karena Benar” acara ini melibatkan tiga
Jemaat yang tergabung dalam Distrik Bandar Lampung Barat (Jemaat Singosari, Jemaat Way Hui dan Jemaat Kemiling). Dikoordinir oleh Pdt. Olsen Runturambi (Gembala Distrik) telah berhasil menyatukan para pembina dari tiap-tiap jemaat untuk mempersiapkan acara perkemahan ini, sudah tentu rencana ini telah mendapatkan persetujuan dari majelis jemaat masing-masing.

Panitia Acara dibawah koordinasi MG. Sri Ulina Sembiring (Ketua Pelaksana) telah mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik, dan pada hari pembukaan Pdt. Victor J. Sinaga (Dir. PA Daerah Sumkasel) juga berkenan hadir dan siap untuk membuka secara resmi acara ini. Dalam sambutannya Direktur Pemuda Daerah menyampaikan “ucapan terimaksih kepada Majelis Jemaat, para Pembina, dan juga Gembala Distrik yang telah menyatukan semua pihak dalam memberikan perhatian bagi setiap kegiatan menyangkut pelayanan orang-orang muda”. Dan pada hari Jumat, 26 Oktober, tepat pukul 15.00 Wib acara dibuka secara resmi. Agar semua kegiatan berjalan dengan baik, seksi acara sudah mengatur kegiatan kelas-kelas kepahaman pada sore hari itu, salah satunya kelas umum Pathfinder : “Camping Skill” oleh MG. Anto Tjakrapawira dan “Camping Basic” untuk Adventurer oleh MG. Erik Siahaan.





Pada kebaktian Vesper seluruh peserta perkemahan dan para peninjau (orangtua dan anggota jemaat) berkumpul dalam satu perbaktian di lapangan perkemahan. Khotbah disampaikan oleh Pdt. Olsen Runturambi dengan membahas topik tentang “Spiritisme”.
Hujan turun, adalah satu kendala yang selalu dikwatirkan saat berkemah, dan kali ini peristiwa itu pun benar-benar terjadi. Bahkan hampir semalam-malaman hujan deras turun di lokasi perkemahan yang membuat beberapa pembina berusaha menjaga setiap tenda peserta agar tidak tergenang air hujan malam itu, dan puji Tuhan semua peserta dapat tidur dengan nyaman sampai pagi hari, walau ada beberapa pembina harus menahan dinginnya hujan demi menjaga tenda anak-anaknya.





Pada hari Sabat pagi kegiatan perbaktian sudah dimulai sejak subuh dalam doa kelompok dan kebaktian pagi bersama-sama. Acara kebaktian dipusatkan di sebuah Aula yang dapat menampung seluruh anggota jemaat yang hadir bergabung dalam perbaktian hari Sabat itu. Khotbah disampaikan dengan tegas dan jelas oleh Pdt. Victor Sinaga, yang mengingatkan semua umat Tuhan sebagai “surat Kristus yang terbuka dan dapat dibaca oleh semua orang”. Pada siang hari, masih ada kelas kepahaman yang diajarkan, materi P3K oleh MG. Harifson Manik dan Materi Menjaga Alam oleh MG. Lucy L. Antonius.
Maka dengan berkat Tuhan, upacara pelantikan diadakan pada sore harinya, ada 35 siswa dari Klub Adventurer dan 24 siswa dari klub Pathfinder dan 6 orang dilantik Master Guide (MG). Atas nama Departemen Pemuda mengucapkan Selamat kepada semua siswa yang dilantik dan selamat bergabung kepada enam orang MG dalam barisan pelayanan dalam jemaat masing-masing.



Berbagai kegiatan menarik masih dipersiapkan pada malam minggu, dan juga sepanjang hari Minggu pagi. Khususnya pada jam 03.00 subuh ada acara “uji nyali” bagi anak-anak ini, tanpa ada suara merengek, tanpa suara tangisan manja, anak-anak kecil ini berhasil menyelesaikan dan melewati setiap tantangan yang dipersiapkan pembina, “luar biasa mereka” ujar salah seorang pembina.
Hari minggu siang, Pdt. Olsen memimpin upacara penutupan dan menyatukan doa ucapan syukur atas kenikmatan dan sukacita yang telah dirasakan sepanjang acara perkemahan ini. Kiranya akan membawa semangat kebersamaan dalam melayani anak-anak ini sambil mempersiapkan mereka menjadi pemimpin di gereja ini kelak.



1 comment: